Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah

Berikut ini deskripsi sebagian matakuliah untuk program Diploma Satu (D1) Lembaga Pendidikan Bisnis Syari'ah, antara lain:
 A.      MATA KULIAH : PENGANTAR EKONOMI (2 SKS)
Tujuan diberikan matakuliah ini agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar ilmu ekonomi yang meliputi ruang lingkup Teori Ekonomi, permasalahan Ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, analisis pasar output dan input serta distribusi pendapatan. Topic Inti meliputi : (1) Permasalahan Ekonomi; (2) Ilmu Ekonomi sebagai ilmu sosial dan peranan statistik: (3) Tinjauan menyeluruh perekonomian; (4) Permintaan, Penawaran, dan Harga; (5) Elastisitas permintaab dan penawaran; (6) Permintaan dan penawaran dalam kenyataan; (7) Teori Perilaku konsumen; (8) Teori perilaku produsen; (9) Produksi dan Biaya dalam jangka pendek; (10) Teori biaya jangka panjang dan sangat panjang; (11) Pembentukan harga dalam pasar persaingan sempurna; (12) Pasar Persaingan tidak sempurna; (13) teori harga dalam kenyataan; (14) Distribusi pendapatan nasional; (15) Peranan pemerintah: pilihan public dan eksternalitas.
Referensi : Lipsey, Richard G and Peter O Steiner, 1993, Economics, 10th edition, Harper and Row Publisher; Samuelson, PA and William D Nordhaus, 1985, Eonomics, 12th edition, McGraw-Hill, Inc; Boediono, 1993, ekonomi Mikro,  Seri Sinopsis Pengantar Ekonomi no. 1, BPEF-universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
 B.      MATA KULIAH : BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN (2 SKS)
Tujuan diberikan matakuliah ini agar mahasiswa dapat memahami operasional lembaga keuangan serta peranannya terhadap ekonomi nasional. Topik Inti: (1) Peranan dan jenis Uang; (2) Jenis dan Aktivta Lembaga Keuangan Bank; (3) Jenis dan Aktivitas Lembaga Keuangan Bukan Bank.
Referensi: (1) Kasmir, S.E, M.M. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. P.T. Raja Grafindo Persada, Edisi Keenam, Jakarta; (2) Antonio S.M. Dr. Islamic Banking-Bank Syariah dari teori Ke Praktik, Gema Insani, Jakarta.
C.      MATA KULIAH : PENGANTAR AKUNTANSI (2 SKS)
Tujuan diberikan matakuliah ini adalah: agar mahasiswa dapat memperoleh bekal pengetahuan untuk memahami konsep dan Siklus Akuntansi secara menyeluruh untuk perusahaan jasa dan dagang, sehingga nantinya dapat menyususn laporan keuangan bagi perusahaan. Topik inti meliputi: (1) Pengenalan Konsep dan Praktik Akuntansi konvensional dan Syariah; (2) Transaksi Akuntansi dan persamaan Akuntansi; (3) Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana; (4) Pencatatan Akuntansi dengan Perkiraan; (5) Siklus Akuntansi: Penjurnalan Transaksi Perusahaan Jasa; (6) Siklus Akuntansi: Pemostingan, Buku Besar, dan Neraca Saldo; (7) Neraca Lajur, Jurnal Penyesuaian dan laporan keuangan; (8) Jurnal Penutupan, Jurnal balik, dan jurnal Koreksi.
Referensi: (1) Warren/Fess/Reeve. Accounting (Pengantar Akuntansi). 2008. edisi 21. Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta; (2) PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan); (3) Rizal Yahya, Akuntansi bank Syariah, Salemba Empat, Jakarta; (4) Ai Haryono Jusup, 2000; Dasar-Dasar Akuntansi ; Jilid 1. Edisi Enam. STIE YKPN, Yogyakarta.
D.      MATA KULIAH : MANAJEMEN KEUANGAN (2 SKS)
Tujuan diberikan matakuliah ini adalah; agar mahasiswa memahami konsep dasar, tujuan, dan keputusan-keputusan keuangan dalam menjalankan fungsi manajemen keuanagan, sehingga mampu mengelola keuangan perusahaan maupun keuangan pribadi. Topik inti: (1) Tinjauan menyeuruh tentang manajemen keuangan, (2) Laporan Keuangan dan Arus Kas (3) Lingkungan keuangan: pasar, institusi dan tingkat suku bunga, (4) Resiko dan tingkat pengambilan, (5) Niai waktu uang, (6) Penilaian Obligasi, (7) Penilaian Saham, (8) Dasar-dasar penganggaran modal, (9) Analisis Laporan Keuangan.
Referensi: (1) Fred J. Weston & Eugene F. Bringham, 1998, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Jilid 1, edisi Kesembilan, Erlangga, Jakarta; (2) Fred J. Weston & Thomas E. Copeland, 1995, Jilid 1 dan 2, edisi kesembilan.
E.       MATA KULIAH : MANAJEMEN PEMASARAN JASA LEMBAGA KEUANGAN (2 SKS)
Tujuan diberiakn matakuliah ini agar mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Keuangan, Bauran Pemasaran Lembaga Keuangan, dan Pemasaran Lembaga Keuangan Sistim Syariah. Topik inti: (1) Bauran Pemasaran Lembaga Keuangan Sistim Syariah; (2) CRM Lembaga Keuangan Sistim Syariah; (3) Kepuasan pelanggan; (4) Strategi Pemasaran Lembaga Keuangan Sistim Syariah. Referensi: (1) Ali Hasan S.E., M.M., 2009, Marketing Lembaga Keuangan Sistim Syariah, Ghalia Indonesia; (2)  Lukman Denda Wijaya, 2008, Manajemen Pemasaran Bank, Graha Ilmu; (3) Muhtosim Arief, 2006, Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan, Bayu Media, Malang; (4) Lupiyoadi, Rambat, & A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 2, Salemba Emapat, Jakarta.
F.       FIQIH MUAMALAH LEMBAGA KEUANGAN (2 SKS)
Tujuan diberikan matakuliah ini agar mahasiswa dapat memahami secara utuh prinsip-prinsip fiqh, khususnya yang berkenaan dengan ekonomi, serta penerapannya dalam transaksi modern.  Topik inti: (1) Pengertian Fiqh; (2) Fiqh Akad; (3) Wadi’ah dan Murabahah; (4) Salam dan Istishna’a; (5) Mudharabah dan Musyarakah.  Referensi: (1) Hasbi as Shiddiqi, 1999, Pengantar Fiqh Muamalah, Pustaka Rizki Putra, Semarang; (2) Yusuf Qardhawi, 1991, Bank Tanpa Bunga, Usamah Press, Jakarta; (3) Ascarya, 2006, Akad dan produk Bank Syariah, Raja Grafindo Persada.
G.     PRAKTIKUM MINIBANK (2 SKS)
Tujuan diberikan matakuliah ini agar mahasiswa mampu memahami secara aplikatif kegiatan transaksi yang ada di dunia Lembaga Keuangan baik konvensional maupun syariah. Topik inti: (1) bagian Teller; (2) Bagian Inkaso; (3) bagian Transfer; (4) Bagian kliring; (5) Bagian Customer Service. Referensi: (1) Modul praktikum Minibank Program Diploma Satu (D1) Lembaga Keuangan Sistem Syariah.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman